Referensi Jalur Pendakian Gunung Rinjani Untuk Anda Coba

Referensi Jalur  Pendakian Gunung Rinjani Untuk Anda Coba - Gunung Rinjani. Terletak disebelah Lombok utara. Untuk menikmati keindahan gunung Rinjani, dinas pariwisata Lombok menyediakan alternative beberapa jalur pendakian yang dapat anda pilih sesuai dengan keinginan anda.

1. Jalun Sembalun Lawang
Jalur Sembalun dilalui oleh pengunjung terutama oleh para penggemar trekking pemula. Rute yang dilalui adalah gerbang sembalun lawang - pelawangan sembalun - puncak rinjani memakan waktu 9 - 10 jam. Jalur ini sangat dramatis dan mengesankan trail wisata yang anda lalui merupakan padang savana dan punggung gunung yang berliku - liku dengan jurang disebelah kiri dan kanan jalur.
 • Mataram - Sembalun ( ± 4 - 5 jam kendaraan umum )
 • Sembalun Lawang - Puncak Gunung Rinjani ( ± 7 Jam Jalan Kaki)
 • Sembalun Lawang - Danau Segara Anak ( ± 2 - 3 Jam Jalan Kaki )

Referensi Jalur  Pendakian Gunung Rinjani

2. Jalur Torean
Sepanjang jalur ini, dari Desa Torean menuju kali Tiu ( batas TNGR ) yang merupakan Pos I pendakian dapat dijumpai ladang, perkebunan dan merupakan kawasan Hutan Produksi. Kemiringan 20 - 45% jarak desa Torean dengan batas TNGR ( Pos I ) ± Km 5,00 Km dengan kemiringan ±10 - 30%. Jarak dari Pos III Torean menuju ke Plawangan Torean ± 3,50 Km dengan kemiringan ± 30 - 40%, 
 • Mataram - Torean ( ± 4 - 5 Jam Kendaraan Umum )
 • Torean - Danau Segara Anak ( ± 8 - 9 Jam Jalan Kaki )

3. Jalur Senaru
Jalur pendakian Senaru paling ramai, karena sebagai jalur wisata treking dan digunakan masyarakat adat untuk melakukan ritual adat di puncak Rinjani atau Danau Segara Anak.
Rute pendakian yaitu Senaru - Pelawangan Senaru - Danau Segara Anak dengan berjalan kaki memakan waktu ± 10 - 12 jam melalui trail wisata yang berada dalam hutan primer. Dari pintu gerbang Senaru sampai Danau Segara Anak terdapat tiga pos. 
 • Mataram - Senaru ( ± 3 - 4 Jam Kendaraan Umum )
 • Senaru - Danau Segara Anak ( ± 7 - 10 Jam Jalan Kaki )
 • Danau Segara Anak - Pelawangan Sembalun ( ± 4 Jam Jalan Kaki )
 • Pelawangan Sembalun - Puncak Rinjani ( ± 2 - 3 Jam Jalan Kaki )

Liburan ke Lombok tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas daerahnya, apa saja? Baca selengkapnya tentang kuliner khas Lombok pada artikel kuliner khas Lombok yang wajib dicicipi. Selamat liburan

0 Response to "Referensi Jalur Pendakian Gunung Rinjani Untuk Anda Coba"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan tidak spam :)